March 29, 2015

0

SEKILAS TENTANG MIDI

Posted in
MIDI adalah kepanjangan dari Musical Instrument Digital Interface dan merupakan hasil export atau keluaran dari score atau tangga nada digital dimana di dalamnya telah menyimpan nada dan irama serta kode instrument yang digunakan misalkan piano, gitar, bass, drum dan lain lain. MIDI sendiri terdiri atas 16 channel polyphony yaitu dimulai dari channel 1 atau track 1 sampai dengan channel 16 atau track 16. untuk standar midi chanel 10  berisikan trak khusus untuk instrumen perkusi atau drum, untuk channel 1 berisikan melodi utama atau yang bisa kita sebut vokal dan untuk channel yang lain dapat di isi dengan instrumen lain seperti gitar string dll. Mengapa disini saya menyarankan agar untuk channel 1 di isi vokal dan channel 10 di isi drum adalah berkaitan dengan player yang akan men-dekode midi tersebut, dikarenakan sebagian besar midi player memakai standar track tersebut maka kalau kita salah memasukkan channel atau trak maka untuk bagian drum dan vocal akan tidak terbaca. dan apakah midi player tersdbut? berikut akan saya terangkan lebih lanjut.
midi player adalah seperangkat sofware dan hardware yang dapat menjelaskan sinyal atau meng enkode data dari midi tadi. mengapa kita memerlukan midi player?
seperti yang telah saya jelaskan tadi diatas bahwa midi adalah sebuah file yang menyimpan score saja seperti halnya mp3 jpg dan lain lain, hanya saja file midi lebih lengkap datanya dan lebih interaktif, dan untuk membuka isi atau mendekode data yang terekam pada file midi tersebut maka kita membutuhkan midi player. Midi player yang banyak kita temui adalah pada keyboard electone dan pada komputer, merek atau vendor dari midi player tersebut antara lain general midi (GM),
microsoft gs wavetable synth, yamaha XG dan lain lain.
JENIS JENIS MIDI :
Terdapat dua jenis midi yang paling sering digunakan dan kita temui antara lain midi file dan midi controller. contoh midi file adalah seperti yang saya telah jelaskan di awal dan midi controller adalah seperangkat alat interaktif yang berfungsi mengirimkan nada dan data pada DAW (digital audio workstation) secara langsung atau live. perbedaan midi file dengan midi controller adalah controller mengirimkan sinyal atau perintah secara langsung pada saat kita menekan tombol, pad, knop ataupun fader. midi controller yang sering digunakan antara lain dapat berupa keyboard, launchpad dan lain lain.

0 comments: